Sabtu, 14 Juli 2007

Golkar DPR Dirombak, Orang Akbar Digusur
Kamis, 05 Juli 2007, 06:54:17 WIB


Fraksi Partai Golkar DPR dirombak seiring pergantian tampuk kepemimpinan fraksi dari Andi Matalatta ke Priyo Budi Santoso. Semua pengurus fraksi di era Andi akan digusur.

INFORMASI yang diperoleh Rak­yat Merdeka, perom­ba­kan frak­si ini telah disetujui ra­pat ha­rian DPP, Ketua Umum Jusuf Kalla dan juga Wa­kil Ketua Umum Agung Lak­sono. Formasi baru fraksi yang sudah disetujui ini telah diserahkan ke Sekjen Soe­mar­sono untuk dibuatkan su­rat keputusan (SK).

Ferry Mursidan Baldan akan di­copot dari wakil ketua fraksi bi­dang Polkam dan digantikan Yuddy Chrisnandi. Wakil Ketua Fak­si bidang Umum yang se­be­lumnya dijabat Darul Siska akan digantikan Mujib Rochmat.

Hari Azhar Azis ditetapkan se­ba­gai wakil ketua fraksi bidang eko­nomi. Wakil ketua fraksi bidang kesra ditempati Aisyah Hamid Baidlowi. Sementara, Fachri Andi Laluasa dipercaya se­bagai wakil ketua fraksi bi­dang industri dan perdagangan.

Sekretaris fraksi akan dijabat Sam­sul Bahri. Sedang, Ben­da­hara Bobby Suhardiman. Samsul akan dibantu empat wakil se­kre­taris dan Bobby dibantu tiga wakil bendahara fraksi.

Perombakan fraksi ini juga akan menyebabkan perubahan kom­posisi kepemimpinan ko­mi­si, panitia dan badan di DPR yang selama ini ditempati orang Golkar. Kabarnya, Darul akan dijadikan wakil ketua Komisi V DPR menggantikan Hardi Su­si­lo. Sedang, nasib Ferry yang se­la­ma ini dikenal orang dekat bekas ke­tua umum Partai Golkar Akbar Tandjung, belum jelas.

Sas-sus yang santer di DPR, Pri­yo juga akan merotasi be­be­rapa kader yang duduk di Panitia Ang­garan seperti Achmad Hafiz Za­wawi dan Setya Novanto. Awal Ku­sumah yang saat ini ke­tua Ko­misi XI DPR dikabarkan ju­ga akan diganti. Begitu pula, Sla­met Effendi Yusuf yang saat ini ke­tua Badan Kehormatan DPR.

Priyo yang dihubungi war­ta­wan, kemarin membantah sas-sus perombakan fraksi yang di­ikuti pergeseran kom­posisi ke­pemimpinan komisi, pa­nitia mau­pun badan di DPR. “Nggak be­tul itu. Ma­sa­lah formasi pim­pinan frak­si, suatu saat akan saya umum­­kan. Untuk rotasi atau per­­gantian pimp­i­nan komisi, ba­dan dan panitia anggaran, tunggu se­telah Agustus. Saya minta jangan mempercayai ka­bar yang tak jelas itu,’’ pin­ta­nya.

Namun, sumber Rakyat Mer­deka di DPP Partai Gol­kar memastikan, perom­ba­kan frak­si ini sudah final. Tujuan­nya untuk penyegaran karena pengurus fraksi saat ini sudah menjabat lebih dua tahun. Formasi baru Fraksi Partai Golkar akan mulai aktif Agustus 2007. rm

Tidak ada komentar: