Minggu, 15 Juli 2007

Zainal Bintang: Surya Paloh & JK Makar
Selasa, 03 Juli 2007, 15:22:07 WIB

Laporan: Sugihono


Jakarta, Rakyat Merdeka. Pertemuan antara Partai Golkar dan PDI Perjuangan di Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu, merupakan makar politik yang dilakukan Surya Paloh dan kawan-kawannya.

Hal tersebut dinyatakan Ketua Bidang Ketenagakerjaan Partai Golkar, Zainal Bintang dalam diskusi bulanan konsolidasi pembaharuan Partai Golkar, bertema “Ada Apa dengan Partai Golkar?”, di Jakarta siang ini (Selasa, 3/7).

Zainal menilai, pertemuan di Medan itu merupakan petualangan politk Surya Paloh. Menurut dia, meskipun Surya Paloh sudah berbicara langsung dengan Jusuf Kalla (JK), untuk mengadakan pertemuan tersebut, tapi Surya Paloh tidak memiliki kewenangan untuk melakukan sebuah pertemuan, apalagi pertemuan itu memutuskan pembentukan koalisi dengan PDI Perjuangan, dalam menghadapi pemilu dan pilpres 2009.

Hal itu, lanjutnya, dikarenakan bentuk kepemimpinan di Partai Golkar yang menggunakan sistem kepemimpinan kolektif. Atinya, sambung Zainal, segala keputusan strategis seperti keputusan membentuk koalisi tersebut, harus diputuskan dalam rapat pleno. “Dan saya, sebagai salah satu anggota rapat pleno itu tidak pernah diajak bicara. Begitu pula dengan anggota yang lain,” ujarnya.

Zainal menegaskan, pertemuan di Medan itu tak ubahnya makar politik seperti yang dilakukan Jusuf Kalla, saat menggelar rapat konsultasi Partai Golkar dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono, di Jogja.

Apalagi, imbuhnya, Jusuf Kalla (JK) memberi restu politik kepada Surya Paloh, untuk mengadakan pertemuan dan koalisi itu. “JK bukanlah CEO Partai Golkar. Dia hanyalah CEO PT Bukaka,” tandasnya. atm

Tidak ada komentar: